Ibu Cerdas Harus Tahu Tips Peralihan ASI ke Susu Formula Ini


Bagi seorang ibu pastinya pernah menyusui sang buah hati. Tak jarang saat Anda menyusui bayi, sang bayi kemudian mengalami berbagai kendala bukan? Misalnya kendala tentang ASI yang tidak keluar atau bahkan masih keluar namun tidak lancar.

Kendala tersebut pastinya membuat Anda ingin beralih menggunakan susu formula agar kebutuhan susu bayi sang buah hati Anda terpenuhi. Tetapi Anda juga harus tahu bagaimana cara peralihan ASI ke susu formula yang benar. TArtikel berikut akan membantu Anda memahami cara peralihan ASI ke susu formula.


1.      Menyiapkan Botol Susu yang Sudah Steril

Cara yang satu ini adalah cara yang paling mendasar dan jangan disepelekan. Siapkanlah botol yang sudah teruji sterilisasinya. Anda juga harus memilih susu formula yang sudah dianjurkan oleh dokter agar terjamin kandungan yang sesuai dengan si bayi.

2.      Memberikan Setengah Porsi ASI

Pemberian setengah porsi ASI ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan botol atau dot bayi. Latihlah si bayi menggunakan dot agar terbiasa dengan bentuk kepala botolnya. Hal ini akan membantu si bayi akan terbiasa meminum susu di botol saat diberikan.

3.       Berikan Botol Berisi Susu saat Jam Lapar

Tips yang selanjutnya bisa Anda lakukan saat sang bayi mulai memasuki jam lapar. Berikan susu dengan posisi yang berbeda dari pemberian ASI biasanya. Contohnya dengan membuat posisi sang bayi setengah terduduk dan berikan susu secara berhadapan oleh sang Bunda.

4.      Campurkan ASI dengan Susu Formula

Cara ini dilakukan setelah bayi terbiasa menggunakan dot atau botol. Campurkan sedikit ASI dengan susu formula yang akan diberikan agar bayi tidak kaget dengan rasa yang aneh dari susu formula.

5.      Mengganti ASI dengan Susu Formula

Saat sang bayi mulai terbiasa dengan botol yang digunakan gantilah ASI tersebut dengan susu formula. Biarkan sang bayi merasakan terlebih dahulu susu formula yang diberikan karena rasanya sedikit berbeda.

Jika sang bayi tidak mau dengan susu formula. Lakukanlah dengan cara tradisional. Berikan sedikit bratawali pada bagian putting Anda agar saat bayi merasakan puting Anda berasa pahit. Dan si bayi akan lebih memilih susu formula yang diberikan.

6.      Perhatikan Kotoran Bayi

Setelah cara sebelumnya berhasil. Anda harus memperhatikan kotoran yang dikeluarkan sang bayi. Jika bayi mengalami diare, segera pergilah ke dokter dan konsultasikan untuk mengetahui apakah bayi alergi terhadap susu formula atau tidak.

Nah itulah tips peralihan ASI yang bisa dilakukan oleh Anda. Belilah susu formula di www.orami.co.id karena situs ini menjual berbagai macam susu formula yang Anda butuhkan untuk sang buah hati. Orami juga sering mengadakan promo menarik untuk berbagai macam susu bayi.